SEJARAH KELEMBAGAN

Perda Kabupaten Lebak Nomor 8 Tahun 2016 melahirkan OPD di lingkungan Pemda Kabupaten Lebak termasuk Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.  Sehingga keberadaan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) yang dibentuk melalui Perda Nomor  11 Tahun 2007,  terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017 berubah menjadi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DISKERPUS) Kabupaten Lebak.  Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja  dinas ini ditetapkan melalui Peraturan Bupati Nomor 32 Tahun 2016. Salah satu amanat peraturan tersebut, Diskerpus Kabupaten Lebak mengelola Perpustakaan Pemkab Lebak dengan nama “Perpustakaan SAIDJAH ADINDA”. Dan Pada Tahun 2022 Diskerpus Lebak berubah nama menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusar Lebak).

VISI DAN MISI

VISI :

Sebagai lembaga pelaksana program kerja Pemda Kabupaten Lebak, Dispusar melalui Perpustakaan SAIDJAH ADINDA mendukung pencaiapan visi Bupati sebagai berikut : “Lebak Sebagai Destinasi Wisata Unggulan Nasional Berbasis Potensi Lokal” dengan fokus pada layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial pendukung parawisata.

MISI :

Untuk mencapai visi tersebut Perpustakaan SAIDJAH ADINDA melaksanakan Misi Pertama Bupati Lebak, yaitu Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia.

Manusia yang berkualitas secara intelektual dan mampu bersaing dengan kualifikasi pengetahuan yang tinggi, secara faktual hanya bisa dicapai melalui dukungan sarana dan bahan bacaan sebagai media penyampai ilmu pengetahuan, teknologi dan tata nilai kebudayaan. Inilah peran dan fungsi dari perpustakaan yang dibina dan dikembangkan layanannya bagi seluruh lapisan masyarakat. Inilah pula salah satu essensi dari upaya meningkatkan kecerdasan dan daya saing SDM Lebak di dunia parawisata melalui membaca  atau Literasi Digital.

Sertifikat Nomor Pokok Perpustakaan

Silahkan Untuk Unduh sertifikat NPP Perpustakaan Saidjah Dan Adinda dalam Format Pdf : Unduh